tunaspalapa.ac.id

Articles

Siswa SMA Ubah Tanah Liat Jadi Energi Listrik

 JAKARTA - Usia yang masih muda tak menghalangi Bagas Pramana Putra untuk berinovasi. Siswa kelas 12 SMA Taruna Nusantara Magelang itu berhasil menciptakan sebuah teknologi, yakni mengubah tanah liat menjadi energi listrik.

Alat yang diberi nama 'Genteng Triko' itu dihasilkan dengan ide dasar mengubah energi panas menjadi listrik. Bagas menjelaskan, temuannya ini sangat murah dan mudah untuk diaplikasikan karena menggunakan tanah liat yang tersedia secara melimpah.

 

Bagas bercita-cita membuat sebuah pemukiman percontohan yang memanfaatkan alat temuannya sebagai sumber listrik. Sayangnya, saat ini dia masih kesulitan mengembangkan inovasinya lantaran ada bahan lain yang ketersediaannya terbatas.

"Magnesium masih langka. Saya berharap penelitian Bagas bisa berlanjut karena targetnya adalah alat itu segera memiliki fungsi menyimpan listrik yang dihasilkan dari tanah liat," terang guru pembimbing Bagas, Amin Sukarjo, dalam keterangan tertulis, Senin (8/5/2017).

Pemanfaatan tanah liat sebagai energi listrik sendiri perlu disertai dengan pelestarian hutan. Pasalnya, ketersediaan tanah liat juga dipengaruhi oleh eksistensi hutan.

Inovasi buatan Bagas sendiri telah diikutsertakan pada kompetisi tingkat nasional yang diselenggarakan sebuah BUMN, dan meraih juara kedua untuk kategori terobosan teknologi. Dalam ajang itu, dia bahkan mampu mengungguli orang-orang yang lebih tua, seperti sejumlah profesor dan doktor.

"Semoga satu talenta anak Indonesia dalam diri Bagas bisa dimaksimalkan oleh pemerintah dan semua pihak terkait di Tanah Air. Supaya tidak terjadi seperti sebelumnya, potensi anak bangsa malah dilirik oleh negara tetangga," pungkas Amin.sumber:http://news.okezone.com