tunaspalapa.ac.id

Subhanallah, Ribuan Pelajar di Palembang Ini Hafal Alquran

 PALEMBANG - Sebanyak 1.308 pelajar dari berbagai sekolah di Kota Palembang menjalani wisuda di Masjid Raya Taqwa, setelah lulus dalam program menghafal Alquran yang diterapkan di masing-masing sekolah.

Jika sebelumnya penulisan ayat Alquran berhasil melibatkan ribuan siswa dari berbagai madrasah di Sumsel, kali ini ada 1.308 santri berhasil menghafal Alquran. Terbanyak berasal dari siswa MAN 1 Palembang (Mansapa).

 

Kepala Kanwil Kemenag Sumsel H. M. Al Fajri Zabidi, MM.,M.Pd mengatakan, gerakan menghafal Alquran menjadi salah satu langkah dalam membentuk karakter bangsa. Oleh sebab itulah, dia meminta kepada seluruh madrasah agar memiliki program tahfiz.

“Kegiatan wisuda kali ini merupakan launching penghafal Alquran yang akan tersebar di Sumatera Selatan. Di Palembang ada 1.308 santri menghafal Alquran, target kita ada 17.000 santri hafiz di Sumatera Selatan,” sebutnya, Selasa (9/5/2017).

Dia berpendapat, program hafal Alquran sangat tepat dalam meredam kenakalan remaja maupun penyalahgunaan narkoba. Oleh sebab itu, dia berharap agar pemerintah daerah bisa membuat peraturan daerah yang mengharuskan sekolah membuat kegiatan berbasis Islam.

“Dari usia 0-17 tahun siswa hanya mendapatkan pembelajaran agama di madrasah. Waktu yang cukup panjang ini sangat baik jika dimanfaatkan untuk membina karakter anak melalui agama,” ujarnya.

Sementara itu, sebanyak 1.308 santri mengikuti prosesi wisuda tahfiz madrasah dan KUA di lingkungan Kemenag Kota Palembang. Rinciannya, MIN 1 ada 188 santri, MIN 2 ada 190 santri, MTsN 1 sebanyak 197 santri, MTsN 2 ada 121 santri, MAN 1 ada 380 santri, MAN 2 85 santri, MAN 3 ada 70 santri dan 16 KUA ada 77 santri.

Terpisah, Kepala MAN 1 Palembang Buchari SAg mengaku, kegiatan rumah tahfiz menjadi salah satu program unggulan madrasah. Oleh sebab itulah, pihak madrasah mewajibkan siswa untuk menghafal Alquran sejak kelas X.

“Jumlah siswa kita ada 890 orang, seluruh siswa ini kita targetkan hafal Alquran minimal 3 juz saat lulus nanti,” pungkasnya.

sumber:http://news.okezone.com